Sinonim

1. Pengertian Sinonim

Sinonim adalah pertalian dua kata atau lebih yang memiliki makna sama atau hampir sama. Suatu kata bersinonim dengan kata lainnya apabila dalam kalimat yang sama, kata-kata tersebut dapat saling menggantikan. Atau kata-kata yang memiliki kesamaan arti secara struktural atau leksikal dalam berbagai urutan kata-kata sehingga memiliki daya tukar (substitusi)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengetahui sinonim, diantaranya :

  1. Tidak semua kata dalam bahasa Indonesia mempunyai sinonim. Misalnya kata beras, salju, batu, dan kuning pada kata-kata tersebut tidak memiliki sinonim.
  2. Ada kata-kata yang bersinonim pada bentuk dasar tetapi tidak pada bentuk jadian. Misalnya kata benar dengan kata betul, tetapi kata kebenaran tidak bersinonim dengan kata kebetulan.
  3. Ada kata-kata yang tidak mempunyai sinonim pada bentuk dasar tetapi memilki sinonim pada bentuk jadian. Misalnya kata jemur tidak mempunyai sinonim tetapi kata menjemur mempunyai sinonim, yaitu mengeringkan, dan berjemur bersinonim dengan berpanas.

Ada empat cara yang dapat digunakan dalam menentukan kemungkinan  adanya sinonim. Keempat cara yang dimaksud adalah:

1) Seperangkat sinonim itu mungkin saja merupakan kata-kata yang digunakan dalam dialek yang berbeda-beda. Kata pena dan rika dalam bahasa jawa dialek Surabaya memiliki terjemahan dalam bahasa indonesia yang persis sama dengan koen atau kowe dalam bahasa jawa dalek malang. Begitu juga dengan kata cacak dan kakang memiliki terjemahan yang persis sama, yakni “kakak”. Akan tetapi, apabila dalam setiap dialek masing-masing kata tersebut memiliki makna dasar berbeda-beda, kata-kata tersebut tidak dapat ditentukan sebagai sinonim.

2) Suku kata yang semula dianggap memiliki kemiripan atau kesamaan makna, setelah berada dalam berbagai pemakaian ada kemungkinan membuahkan makna yang berbeda-berbeda. Kata bisa dan dapat, misalnya, meskipun secara leksikal merupakan sinonim, dalam konteks pemakaian “saya nanti bisa datang” dan “saya nanti dapat datang” tetap pula dianggap sinonim. Sewaktu berada dalam konteks pemakaian “bisa ular itu berbahaya”, kedua kata tersebut tidak dapat lagi disebut sinonim

3) Suatu kata, apabila ditinjau berdasarkan makna kognitif, makna emotif, maupun makna evaluatif, mungkin saja akhirnya menunjukan adanya karakteristik sendiri meskipun dalam pemakaian sehari-hari semula dianggap memiliki kesinoniman dengan kata lainya. Bentuk demikian misalnya dapat ditemukan dalam pasangan kata ilmu dan pengetahuan, mengamati dan meneliti, serta antara megusap dengan membelai. Apabila hal itu terjadi, maka kata-kata yang semula dianggap sinonim itu harus dianggap sebagai kata yang berdiri sendiri-sendiri.

4) Suatu kata yang semula memiliki kolokasi sangat ketat, misalnya antara kopi dengan minuman, kuncup dengan kembang, maupun pohon dengan batang, sering kali dipakai secara tumpang tindih karena masing-masing memiliki kesinoniman. Hal itu tentu saja tidak benar karena masing-masing kata tersebut jelas masih memiliki ciri makna sendiri-sendiri. Sebab itu, pemakaian yang tumpang tidih dapat mengakibatkan adanya salah pengertian.

2.1   Jenis-Jenis Sinonim

Terdapat tiga jenis Sinonim dalam bahasa Indonesia, yaitu :

  1. Sinonim mutlak

Sinonim mutlak adalah kata-kata yang dapat bertukar tempat dalam konteks kebahasaan apa pun tanpa mengubah makna struktural dan makna leksikal dalam rangkaian kata/frasa/klausa/kalimat.

Contoh:
o    kosmetik = alat kecantikan
o    laris = laku, larap
o    leksikografi = perkamusan
o    kucing = meong

  1. Sinonim semirip

Sinonim semirip adalah kata-kata yang dapat bertukar tempat dalam konteks kebahasaan tertentu tanpa mengubah makna struktural dan leksikal dalam rangkaian kata/frasa/klausa/kalimat tersebut saja.

Contoh:
o    melatis = menerobos
o    lahiriah = jasmaniah

  1. Sinonim selingkung

Sinonim selingkung adalah kata-kata yang dapat saling mengganti dalam satu konteks kebahasaan tertentu saja secara struktural dan leksikal.

Contoh:  lemah = lemas

2.2   Pembagian Sinonim Bahasa Indonesia Menurut Ahli

Pembagian sinonim menurut beberapa ahli, diantaranya:

  • Penggolongan sinonim menurut pembagian Colliman yang dikutip Ullmann (1964: 142-143) membagi jenis sinonim menjadi sembilan, dan bila kita lihat contohnya di dalam, bahasa Indonesia, sebagai berikut:
  1. Sinonim yang salah satu anggotanya memiliki makna yang lebih umum (generik), bandingkan misalnya: menghidangakn dan menyediakan atau menyiapkan; kelamin dengan seks.
  2. Sinonim yang salah satu anggotanya memiliki unsur makna yang lebih intensif, misalnya: jenuh dan bosan; kejam dan bengis; imbalan dan pahala.
  3. Sinonim yang salah satu anggotanya lebih menonojolkan makna emotif. Misalnya mungil dan kecil; bersih dan ceria; hati kecil dan hati nurani.
  4. Sinonim yang salah satu anggotanya bersifat mencela atau tidak membenarkan. Misalnya: boros dan tidak hemat; hebat dan dahsyat; mengamat-amati dan memata-matai.
  5. Sinonim yang salah satu anggotanya menjadi istilah bidang tertentu. Misalnya  plasenta dan ari-ari; ordonansi dan peraturan; disiarkan dan ditayangkan.
  6. Sinonim yang salah satu anggotanya lebih banyak dipakai di dalam ragam bahasa tulisan. Misalnya: selalu dan senantiasa; enak dan lezat; lau dan lampau; bisa dan racun.
  7. Sinonim yang salah satu anggotanya lebh lazim dipakai di dalam bahasa percakapan. Misalnya: kayak dan seperti; ketek dan ketiak.
  8. Sinonim yang salah satu anggotanya dipakai dalam bahasa kanak-kanak. Misalnya: pipis dan berkemih; mmk dan minum; bobo dan tidur; mam (mamam) dan makan.
  9. Sinonim yang salah satu anggotanya biasa dipakai di daerah tertentu saja. Misalnya: cabai dan lombok; sukar dan susah; lepau dan warung; katak dan kodok; sawala dan diskusi.
  • Pembagian sinonim dengan mengikuti Palmer (1976: 60-62) sebagai berikut:
  1. Perangakat sinonim yang salah satunya berasal dari bahasa daerah atau bahasa asing dan lainnya, yang terdapat di dalam bahasa umum. Misalnya: konde dan sanggul, domisili dan kediaman, khawatir dan gelisah.
  2. Perangkat sinonim yang pemakaiannya bergantung kepad langgam dan laras bahasaa. Misalnya: dara, gadis, cewek; mati,meninggal dan wafat. Pemakaian kosa kata langgam dan laras bahasa yang berbeda akan menghasilkn kalimat yang tidak apik (ill-formed). Misalnya : “ cewek yang tinggal di rumah besar tu kemarin wafat”.
  3. Perangakat sinonim yang berbeda makna emotifnya, tetapi makna kognitifnya sama. Misalnya: ngerawan dan politikus; ningrat dan feodal.
  4. Perangkat sinonim yang pemakaiannya terbatas pada kata tertentu  (keterbatasan kolokasi. Msalnya: telur busuk,nasi basi, mentega tengik, susu asam, baju apek. Busuk,basi,tengik, asam dan apek memiliki makna yang sama, tetapi tidak dapat saling menggantikan karena dibatasi persandingan yang dilazimkan.
  5. Perangkat sinonim yang maknanya kadang-kadang tumpang tindih. Misalnya: buluh dan bambu; bumbu dan rempah-rempah; bimbang,cemas, dan sangsi; nyata dan kongkret. 
  • Pembagian sinonim menurut Lyons

Pembagian sinonim menurut Lyons (1977:441) ada empat golongan, yakni:

  1. Sinonim lengkap dan mutlak, misalnya: surat kabar dan koran
  2. Sinonim lengkap dan tidak lengkap, misalnya: orang dan manusia
  3. Sinonim tidak lengkap dan mutlak, misalnya: wanita dan perempuan
  4. Sinonim tidak lengkap dan tidak mutlak, misalnya: gadis dan cewek

Lyons berpendapat bahwa sinonim lengkap terdapat apabila makna kognitif sama dengan makna emotif, sedangkan sinonim mutlak dipakai untuk sinonim yang dapat saling menggantikan (saling menyulih) dalam semua konteks. Lyons dan Ullmann menyatakan bahwa sinonim lengkap dan mutlak sulit sekali ditemukan.  Palmer (1976: 60-62) menyatakan bahwa hal tersebut terjadi karena dalam suatu bahasa tidak ada alasan untuk mempertahankan dua kata yang maknanya sama.

  • Pembagian sinonim menurut Verhaar

Pembagian sinonim menurut Verhaar lain halnya dengan pendapat Lyons (1977), Palmer (1976), Ullmann ( 1964), dan Tutescu (1979). Verhaar (1977: 133) dalam bukunya menerangkan bahwa kesinoniman bukan didasarkan pada kesamaan makna saja melainkan juga pada kesamaan informasi. Sebetulnya informasi tidak temasuk analisis dalam ujaran tetapi terletak di luar semantik karena menyangkut segi objektif dari apa yang dibicarakan dengan ujaran itu. Tetapi untuk menetapkan miripnya atau dekatnya makna antara dua ungkapan diperlukan juga semantik.

2.3 Analisis Kata-Kata Bersinonim pada Resensi

Dari resensi yang dijadikan sampel analisis, maka ditemukan :

  1. Pada resensi yang berjudul ‘Konsumen di Media Sosial’ pada Padang Ekspres, minggu, 18 November 2012, tidak ditemukan penulisan kata bersinonim pada  setiap paragarafnya.
  2. Pada resensi yang berjudul ‘Dahlan Tak Pernah Berakting’ pada Padang Ekspres, minggu, 28 Oktober 2012, ditemukan penulisan kata bersinonim sebagai berikut :
  • Kata “sering” dan “kerap”, pada paragraf 1, 4, dan 5, mempunyai makna yang sama yaitu yang menunjukkan suatu yang terjadi secara berulang-ulang.
  • Kata “masa itu” dan “saat itu”, pada paragraf 3, mempunyai makna yang sama yaitu yang menunjukkan masa lampau.
  1. Pada resensi yang ditulis oleh Roni Yusron Fauzi, ditemukan penulisan kata bersinonim sebagai berikut :
  • Susunan kata” proses belajar mengajar” dan “proses pembelajaran”, pada paragraf 1, mempunyai makna yang hampir sama yaitu menunjukkan suatu kegiatan yang sama.
  • Kata “memaparkan” dan ”menyampaikan”, pada paragraf 9 dan 14, mempunyai makna yang sama yaitu menyatakan kegiatan memberikan suatu informasi.
  1. Pada resensi yang ditulis oleh Rizki Ardianto, ditemukan penulisan kata bersinonim sebagai berikut :

-   Kata “sudah” dan “telah”, pada paragraf 5, mempunyai makna sama yaitu mengacu  pada suatu tindakan.

  1. Pada resensi yang di dapat pada http://putrinet.wordpress.com/2008/10/14/contoh-resensi/, ditemukan penulisan kata bersinonim sebagai berikut :
  • Kata “mengirim” dan “memberi”, pada paragraf 6, mempunyai makna hampir sama yaitu menunjukkan tindakan memberikan sesuatu.
  • Kata “mendapat” dan “menerima”, pada paragraf 6, mempunyai makna hampir sama yaitu suatu tindakan memperoleh sesuatu

3.1 Berikut beberapa perbedaan katakata bersinonim.

1. Makna salah satu anggota pasangan sinonim lebih umum daripada anggota pasangan lainnya

Contoh:

memasak lebih umum dibandingkan mengukus/ merebus, memanggang

melihat lebih umum daripada melirik, menengok, mengintip

2. Makna salah satu anggota pasangan sinonim lebih intensif daripada pasangan lainnya

Contoh:

menatap lebih intensif daripada melihat

gemar lebih intensif daripada suka

3. Makna salah satu anggota pasangan sinonim lebih halus atau sopan dibandingkan anggota pasangan lainnya

Contoh:

santap lebih halus daripada makan

mohon lebih halus daripada minta

wafat lebih halus daripada mampus, mati

4. Makna salah satu anggota pasangan sinonim lebih bersifat kesastraan (literer) daripada anggota pasangan lainnya

Contoh:

surya lebih literer daripada matahari

tirta lebih literer daripada air

5. Makna salah satu anggota pasangan sinonim lebih kolokial (tidak resmi atau santai) dibanding kan anggota pasangan lainnya

Contoh:

aku lebih kolokial daripada soya

ayah lebih kolokial daripada bapak

6. Makna salah satu anggota pasangan sinonim lebih bersifat kedaerahan dibandingkan pasangan yang lain

Contoh:

gue, kula, beta lebih bersifat

kedaerahan daripada soya

kali lebih bersifat kedaerahan dari pada sungai

7. Salah satu anggota pasangan sinonim merupakan kosakata bahasa anakanak.

Contoh:

pakpung dan mandi

maem dan makan

pipis dan buang air kecil

Sinonim yang sering Keluar

Agil = Pandai

Ahli = Pakar

Andal = Tangguh

Asa = Harapan

Asumsi = Anggapan

Autentik = Asli

Bacul = Penakut

Bagak = Berani

Bain = Nyata

Bala = Bencana

Berdikari = Mandiri

Pretensi = Prasangka

Biner = Serba dua

Bura = Sembur

Caraka = Utusan

Catu = Membagi

Citra = Gambaran

Dalih = Alasan

Darma = Pengabdian

Daur = Siklus

Deduksi = Konklusi

Defleksi = Penyimpangan

Dekade = Dasa warsa

Delusi = Ilusi

Dikotomi = Dibagi dua

Dinamis = Bergerak maju

Disparitas = Perbedaan

Dispensasi = Pengecualian

Divestasi = Pelepasan

Donasi = Bantuan

Dosis = Takaran

Dursila = Jahat

Ekliktik = Suka pilih-pilih

Eksklusif = Tertentu

Ekspansi = Perluasan

Embargo = Larangan

Endemi = Wabah

Epilog = Penutup

Estimasi = Perkiraan

Evokasi = Penggugah rasa

Fertile = Subur

Friksi = Bentrokan

Fusi = Gabugan

Galat = Keliru

ayati = Hidup

edonisme = Hura-hura

Implikasi = Akibat

Implisit = Tersirat

Indolen = Lesu

Infiltrasi = Penyusupan

I somnia = Tidak bisa tidur

Iterasi = Perulangan

Kaldera = Kawah

Kedap = Rapat

Kendala = Hambatan

Kompatriot = Rekan senegara

Kredibel = Andal

Krusial = Penting

Latif = Indah

Loka = Tempat

Mayapada = Dunia

Monoton = Terus-menerus

Mudun = Beradab

Nir = Tidak

Nisbi = Relatif

Ortodok = Konservatif

Paparan = Gambaran ·

Paradigma = Kerangka berpikir

Paripurna = Sempurna

Petaka = Bendera

Padagogi = Pengajaran

Perdeo = Gratis

Perforasi = Perlubangan

Presumsi· = Anggapan

Pr ~tensi = Pura-pura

Prominen = Kondang

Pseudo = semu

Rabat = Potongan harga

Rambang = Acak

Rancu = Kacau

Residu = Sisa

Sahih = Benar

SUI = ljasah

Sporadis = Jarang

Stigma = Cacat

Tanur = Perapian

Tentatif = Belum pasti

Termin = Tahap

Wahana = Sarana

Vandalisme = Destruksi

Warakawuri = Janda

Vibrasi = Getaran

Widyaswara = Guru

Yura = Hukum

Yuvenile = Remaja

4.2 Contoh kalimat Persamaan Kata (Sinonim)

Kata Sinonim dari huruf A

  • Sinonim Abrasi persamaan kata Pengikisan
  • Sinonim Absah persamaan kata Sah
  • Sinonim Absolut persamaan kata Mutlak
  • Sinonim Absurd persamaan kata Janggal
  • Sinonim Acum persamaan kata Rujukan
  • Sinonim Ad interim persamaan kata Sementara
  • Sinonim Adjektiva persamaan kata Kata sifat
  • Sinonim Afeksi persamaan kata Kasih sayang
  • Sinonim Agresi persamaan kata Serangan
  • Sinonim Agunan persamaan kata Jaminan
  • Sinonim Ahli persamaan kata Pakar
  • Sinonim Akselerasi persamaan kata Percepatan
  • Sinonim Akurat persamaan kata Seksama
  • Sinonim Almanak persamaan kata Penanggalan
  • Sinonim Ambiguitas persamaan kata Bermakna ganda
  • Sinonim Andal persamaan kata Tangguh
  • Sinonim Anemia persamaan kata Kurang darah
  • Sinonim Anggaran persamaan kata Aturan
  • Sinonim Anjung persamaan kata Panggung
  • Sinonim Antagonis persamaan kata Berlawanan
  • Sinonim Anulir persamaan kata Abolisi
  • Sinonim Api persamaan kata Barah
  • Sinonim Aplikasi persamaan kata Pelaksanaan
  • Sinonim Arogan persamaan kata Sombong
  • Sinonim Artis persamaan kata Seniman
  • Sinonim Asa persamaan kata Harapan
  • Sinonim Asterik persamaan kata Tanda bintang
  • Sinonim Asumsi persamaan kata Anggapan

Kata Sinonim dari huruf B

  • Sinonim Bahari persamaan kata Laut
  • Sinonim Bahtera persamaan kata Perahu
  • Sinonim Bala persamaan kata Bencana
  • Sinonim Bandela persamaan kata Peti kemas
  • Sinonim Barbar persamaan kata Tidak beradab
  • Sinonim Baik Budi persamaan kata berbudi luhur
  • Sinonim Berdikari persamaan kata Mandiri
  • Sinonim Bergaul persamaan kata Berteman
  • Sinonim Berongsang persamaan kata Marah
  • Sinonim Berpretensi persamaan kata Prasangka
  • Sinonim Bhineka persamaan kata Berbeda
  • Sinonim Bicu persamaan kata Dongkrak
  • Sinonim Biologi persamaan kata Hayati
  • Sinonim Bisa persamaan kata Dapat
  • Sinonim Boga persamaan kata Makanan kenikmatan
  • Sinonim Bonafide persamaan kata Dapat dipercaya
  • Sinonim Bromocorah persamaan kata Residivis
  • Sinonim Bubut persamaan kata Cabut
  • Sinonim Bukti diri persamaan kata Identitas
  • Sinonim Bungalow persamaan kata Pesanggrahan
  • Sinonim Bura persamaan kata Sembur
  • Sinonim Burkak persamaan kata Cadar

Kata Sinonim dari huruf C, D

  • Sinonim Centeng persamaan kata Body guard
  • Sinonim Ceroboh persamaan kata gegabah, sembarangan
  • Sinonim Citra persamaan kata Gambaran
  • Sinonim Copyright persamaan kata Hak cipta
  • Sinonim Dampak persamaan kata Akibat
  • Sinonim Darma persamaan kata Pengabdian
  • Sinonim Daur persamaan kata Siklus
  • Sinonim Deduksi persamaan kata Konklusi
  • Sinonim Defleksi persamaan kata Penyimpangan
  • Sinonim Dehidrasi persamaan kata Kehilangan cairan tubuh
  • Sinonim Dekade persamaan kata Dasa warsa
  • Sinonim Dekadensi persamaan kata Kemerosotan moral
  • Sinonim Delusi persamaan kata Ilusi
  • Sinonim Demagog persamaan kata Tiran
  • Sinonim Demisioner persamaan kata Habis masa jabatan
  • Sinonim Deportasi persamaan kata Pembuangan ke luar negeri
  • Sinonim Derivasi persamaan kata Afiksasi
  • Sinonim Deskripsi persamaan kata Pelukisan
  • Sinonim Diagnosis persamaan kata Penaksiran
  • Sinonim Dialog persamaan kata Obrolan
  • Sinonim Dikotomi persamaan kata Dibagi dua
  • Sinonim Dinamis persamaan kata Bergerak maju
  • Sinonim Disharmoni persamaan kata Tidak selaras
  • Sinonim Diskriminasi persamaan kata Subordinat
  • Sinonim Disorientasi persamaan kata Salah tujuan
  • Sinonim Disparitas persamaan kata Perbedaan
  • Sinonim Dispensasi persamaan kata Pengecualian
  • Sinonim Ditenggak persamaan kata Ditelan bulat
  • Sinonim Divestasi persamaan kata Pelepasan
  • Sinonim Dominasi persamaan kata Penguasaan
  • Sinonim Donasi persamaan kata Bantuan
  • Sinonim Dosis persamaan kata Takaran
  • Sinonim Dursila persamaan kata Jahat

Kata Sinonim dari huruf E

  • Sinonim Ebi persamaan kata Udang kering
  • Sinonim Ebonit persamaan kata Kayu hitam
  • Sinonim Ekonomis persamaan kata Hemat
  • Sinonim Eksibisi persamaan kata Perunjukan
  • Sinonim Ekskavasi persamaan kata Penggalian
  • Sinonim Eksklusif persamaan kata Tertentu
  • Sinonim Ekspansi persamaan kata Perluasan
  • Sinonim Eksploitasi persamaan kata Pendayagunaan
  • Sinonim Ekspresi persamaan kata Aktualisasi diri
  • Sinonim Ekstensi persamaan kata Perluasan
  • Sinonim Ekuilibrium persamaan kata Keseimbangan
  • Sinonim Elaborasi persamaan kata Penjelasan terperinci
  • Sinonim Embargo persamaan kata Larangan
  • Sinonim Embarkasi persamaan kata Keberangkatan
  • Sinonim Empati persamaan kata Ikut merasakan
  • Sinonim Empiris persamaan kata Realitas
  • Sinonim Endemi persamaan kata Wabah
  • Sinonim Epilog persamaan kata Penutup
  • Sinonim Ereksi persamaan kata Birahi
  • Sinonim Estetika persamaan kata Keindahan
  • Sinonim Estimasi persamaan kata Perkiraan
  • Sinonim Etos persamaan kata Pandangan hidup
  • Sinonim Evakuasi persamaan kata Pengungsian
  • Sinonim Evaluasi persamaan kata Penilaian
  • Sinonim Evokasi persamaan kata Penggugah rasa

Kata Sinonim dari huruf F, G

  • Sinonim Fauna persamaan kata Hewan
  • Sinonim Fenomena persamaan kata Kenyataan
  • Sinonim Fertile persamaan kata Subur
  • Sinonim File persamaan kata Arsip
  • Sinonim Fitnah persamaan kata Rekaan
  • Sinonim Flegmatis persamaan kata Bertemperamen lamban
  • Sinonim Flora persamaan kata Tanaman
  • Sinonim Forum persamaan kata Lembaga
  • Sinonim Frekuwensi persamaan kata Sinyal
  • Sinonim Friksi persamaan kata Bentrokan
  • Sinonim Frustasi persamaan kata Putus Harapan
  • Sinonim Fundamental persamaan kata Mendasar
  • Sinonim Fungi persamaan kata Jamur
  • Sinonim Fusi persamaan kata Gabugan
  • Sinonim Futuristis persamaan kata Menuju masa depan
  • Sinonim Galat persamaan kata Keliru
  • Sinonim Gemar persamaan kata Getol
  • Sinonim Generik persamaan kata Umum
  • Sinonim Genjah persamaan kata Cepat berbuah
  • Sinonim Genre persamaan kata Aliran
  • Sinonim Geothermal persamaan kata Panas bumi
  • Sinonim Getir persamaan kata Pahit
  • Sinonim Global persamaan kata Dunia
  • Sinonim Glosarium persamaan kata Kamus ringkas
  • Sinonim Gongseng persamaan kata Sangrai
  • Sinonim Grasi persamaan kata Pengampunan hukuman dari presiden
  • Sinonim Green belt persamaan kata Jalur hijau

Kata Sinonim dari huruf H

  • Sinonim Harmonis persamaan kata Serasi
  • Sinonim Harta benda persamaan kata Mal
  • Sinonim Hayati persamaan kata Hidup
  • Sinonim Hedonisme persamaan kata Hura
  • Sinonim Hegemoni persamaan kata Intervensi
  • Sinonim Hepotenusa persamaan kata Sisi miring
  • Sinonim Herbi persamaan kata Berhubungan dengan tumbuh
  • Sinonim Heroisme persamaan kata Jiwa kepahlawanan
  • Sinonim Heterogen persamaan kata Tidak sejenis
  • Sinonim Higienis persamaan kata Bersih
  • Sinonim Hiperbola persamaan kata Berlebihan
  • Sinonim Holistik persamaan kata Keseluruhan
  • Sinonim Homogen persamaan kata Sejenis
  • Sinonim Huma persamaan kata Lahan
  • Sinonim Humanisme persamaan kata Kemanusiaan

Kata Sinonim dari huruf I

  • Sinonim Identitas persamaan kata Bukti diri
  • Sinonim Imbas persamaan kata Efek
  • Sinonim Imbasan persamaan kata Isapan
  • Sinonim Implikasi persamaan kata Akibat
  • Sinonim Implisit persamaan kata Tersirat
  • Sinonim Impulsif persamaan kata Spontan
  • Sinonim Indolen persamaan kata Lesu
  • Sinonim Infiltrasi persamaan kata Penyusupan
  • Sinonim Inheren persamaan kata Melekat
  • Sinonim Injeksi persamaan kata Suntik
  • Sinonim Inovasi persamaan kata Penemuan
  • Sinonim Insentif persamaan kata Bonus
  • Sinonim Insinuasi persamaan kata Sindiran
  • Sinonim Insomnia persamaan kata Tidak bisa tidur
  • Sinonim Inspeksi persamaan kata Pemeriksaan
  • Sinonim Insting persamaan kata Naluri
  • Sinonim Instruktur persamaan kata Pelatih
  • Sinonim Instrumental persamaan kata Fragmental
  • Sinonim Interaksi persamaan kata Hubungan
  • Sinonim Interpelasi persamaan kata Hak bertanya
  • Sinonim Intuisi persamaan kata Bisikan Hati
  • Sinonim Invasi persamaan kata Pencaplokan
  • Sinonim Investigasi persamaan kata Pemeriksaan
  • Sinonim Ironi persamaan kata Bertentangan dengan harapan
  • Sinonim Iterasi persamaan kata Perulangan

Kata Sinonim dari huruf J, K

  • Sinonim Jajak persamaan kata Telaah
  • Sinonim Jargon persamaan kata Slogan
  • Sinonim Jeda persamaan kata Jarak
  • Sinonim Jemawa persamaan kata Angkuh
  • Sinonim Jumantara persamaan kata Awang
  • Sinonim Jujur persamaan kata benar, cengli, blak-blakan
  • Sinonim Kaldera persamaan kata Kawah
  • Sinonim Kampiun persamaan kata Juara
  • Sinonim Kapital persamaan kata Modal
  • Sinonim Kapling persamaan kata Tanah yang sudah dipetak
  • Sinonim Karakteristik persamaan kata Ciri
  • Sinonim Karat persamaan kata Zat oksidasi
  • Sinonim Karnivora persamaan kata Hewan pemakan daging
  • Sinonim Kawat persamaan kata Dawai
  • Sinonim Kecenderungan persamaan kata Kesamaan
  • Sinonim Kedap persamaan kata Rapat
  • Sinonim Kekeh persamaan kata Gelak tawa
  • Sinonim Kelenger persamaan kata Pingsan
  • Sinonim Keletah persamaan kata Genit
  • Sinonim Kendala persamaan kata Hambatan
  • Sinonim Khayalan persamaan kata Imajinasi
  • Sinonim Klarifikasi persamaan kata Penjelasan
  • Sinonim Klimaks persamaan kata Titik puncak
  • Sinonim Kolaborasi persamaan kata Kerja sama
  • Sinonim Kolong persamaan kata Rongga di bawah rumah
  • Sinonim Komedi persamaan kata Lawak
  • Sinonim Kompatriot persamaan kata Rekan senegara
  • Sinonim Kompendium persamaan kata Ringkasan
  • Sinonim Komplotan persamaan kata Persekutuan
  • Sinonim Konduite persamaan kata Perilaku
  • Sinonim Kondusif persamaan kata Aman
  • Sinonim Konfiden persamaan kata Yakin
  • Sinonim Konfrontasi persamaan kata Pertikaian
  • Sinonim Konkaf persamaan kata Cekung
  • Sinonim Konklusi persamaan kata Kesimpulan
  • Sinonim Konkret persamaan kata Nyata
  • Sinonim Konkurensi persamaan kata Sengketa
  • Sinonim Konsensus persamaan kata Mufakat
  • Sinonim Konservasi persamaan kata Perlindungan
  • Sinonim Konspirasi persamaan kata Persekongkolan
  • Sinonim Konstan persamaan kata Kontinu
  • Sinonim Kontemporer persamaan kata Pada masa ini
  • Sinonim Kontiniu persamaan kata Bersambung
  • Sinonim Kontradiksi persamaan kata Pertentangan
  • Sinonim Konveks persamaan kata Cembung
  • Sinonim Konvoi persamaan kata Pergerakan
  • Sinonim Korelasi persamaan kata Hubungan
  • Sinonim Koreografi persamaan kata Ilmu tari
  • Sinonim Kreasi persamaan kata Ciptaan
  • Sinonim Kredibel persamaan kata Andal
  • Sinonim Kredibilitas persamaan kata Dapat dipercaya
  • Sinonim Krusial persamaan kata Penting
  • Sinonim Kudeta persamaan kata Perebutan kekuasaan
  • Sinonim Kudus persamaan kata Suci
  • Sinonim Kuliner persamaan kata Masakan
  • Sinonim Kulminasi persamaan kata Klimaks
  • Sinonim Kuno persamaan kata Antik

Kata Sinonim dari huruf  L, M

  • Kata Sinonim Laba persamaan kata Keuntungan
  • Kata Sinonim Landskap persamaan kata Pertamanan
  • Kata Sinonim Latif persamaan kata Indah
  • Kata Sinonim Legal persamaan kata Sah
  • Kata Sinonim Liga persamaan kata Perserikatan
  • Kata Sinonim Loka persamaan kata Tempat
  • Kata Sinonim Majemuk persamaan kata Beragam
  • Kata Sinonim Makar persamaan kata Muslihat
  • Kata Sinonim Makelar persamaan kata Pialang
  • Kata Sinonim Mal persamaan kata Harta benda
  • Kata Sinonim Mala persamaan kata Bencana
  • Kata Sinonim Malas persamaan kata lesu, loyo, teledor, berat kaki
  • Kata Sinonim Manunggal persamaan kata Bersatu
  • Kata Sinonim Mayapada persamaan kata Dunia
  • Kata Sinonim Mediator persamaan kata Perantara
  • Kata Sinonim Mekar persamaan kata Mengembang
  • Kata Sinonim Mengecoh persamaan kata Mengakali
  • Kata Sinonim Militan persamaan kata Agresif
  • Kata Sinonim Misteri persamaan kata Rahasia
  • Kata Sinonim Mistifikasi persamaan kata Sakralisasi
  • Kata Sinonim Mistik persamaan kata Gaib
  • Kata Sinonim Mitra persamaan kata Kawan
  • Kata Sinonim Mixer persamaan kata Aduk
  • Kata Sinonim Mobilitas persamaan kata Gerak
  • Kata Sinonim Model persamaan kata Contoh
  • Kata Sinonim Monoton persamaan kata Terus
  • Kata Sinonim Motilitas persamaan kata Gerak
  • Kata Sinonim Mudun persamaan kata Beradab
  • Kata Sinonim Mutakhir persamaan kata Terkini
  • Kata Sinonim Mutakhir persamaan kata Terkini
  • Kata Sinonim Mutilasi persamaan kata Pemotongan

Kata Sinonim dari huruf N, O

  • Kata Sinonim Nabati persamaan kata Botani
  • Kata Sinonim Naratif persamaan kata Terinci
  • Kata Sinonim Nir persamaan kata Tidak
  • Kata Sinonim Nisbi persamaan kata Relatif
  • Kata Sinonim Niscaya persamaan kata Pasti
  • Kata Sinonim Norma persamaan kata kebiasaan
  • Kata Sinonim Nuansa persamaan kata Perbedaan makna
  • Kata Sinonim Omnivora persamaan kata Hewan pemakan daging dan tumbuh
  • Kata Sinonim Opas persamaan kata Pesuruh
  • Kata Sinonim Oral persamaan kata Berkaitan dengan mulut
  • Kata Sinonim Orisinil persamaan kata Asli
  • Kata Sinonim Ortodok persamaan kata Konservatif
  • Kata Sinonim Otodidak persamaan kata Belajar sendiri
  • Kata Sinonim Oval persamaan kata Bulat telur

Kata Sinonim dari huruf P

  • Kata Sinonim Pangkas persamaan kata Potong
  • Kata Sinonim Paparan persamaan kata Gambaran
  • Kata Sinonim Paradigma persamaan kata Kerangka berpikir
  • Kata Sinonim Paradoks persamaan kata Lawan asas
  • Kata Sinonim Paradoksal persamaan kata Kontras
  • Kata Sinonim Paras persamaan kata Wajah
  • Kata Sinonim Paripurna persamaan kata Sempurna
  • Kata Sinonim Partikelir persamaan kata Swasta
  • Kata Sinonim Paseban persamaan kata Penghadapan
  • Kata Sinonim Pedagogi persamaan kata Pengajaran
  • Kata Sinonim Pedoman persamaan kata Panduan
  • Kata Sinonim Pembatasan persamaan kata Restriksi
  • Kata Sinonim Pemugaran persamaan kata Perbaikan
  • Kata Sinonim Pencerahan persamaan kata Kesadaran
  • Kata Sinonim Pendendam persamaan kata pemarah, bengis
  • Kata Sinonim Perdeo persamaan kata Gratis
  • Kata Sinonim Perforasi persamaan kata Perlubangan
  • Kata Sinonim Perlop persamaan kata Cuti
  • Kata Sinonim Pingsan persamaan kata Kelenger
  • Kata Sinonim Pioner persamaan kata Perintis
  • Kata Sinonim Plagiator persamaan kata Penjiplak
  • Kata Sinonim Planning persamaan kata Rencana
  • Kata Sinonim Poly persamaan kata Banyak
  • Kata Sinonim Preman persamaan kata Partikelir
  • Kata Sinonim Premi persamaan kata Iuran pertanggungan asuransi
  • Kata Sinonim Preposisi persamaan kata Kata depan
  • Kata Sinonim Prestise persamaan kata Martabat
  • Kata Sinonim Pretensi persamaan kata Pura
  • Kata Sinonim Primer persamaan kata Utama
  • Kata Sinonim Prominen persamaan kata Kondang
  • Kata Sinonim Promotor persamaan kata Penganjur
  • Kata Sinonim Prosedur persamaan kata Mekanisme
  • Kata Sinonim Proteksi persamaan kata Perlindungan
  • Kata Sinonim Protesis persamaan kata Buatan

Kata Sinonim dari huruf R

  • Kata Sinonim Rabat persamaan kata Potongan harga
  • Kata Sinonim Rahib persamaan kata Pendeta
  • Kata Sinonim Rajin persamaan kata giat, sungguh-sungguh, getol, tekun
  • Kata Sinonim Ralat persamaan kata Pembetulan
  • Kata Sinonim Rambang persamaan kata Acak
  • Kata Sinonim Rancu persamaan kata Kacau
  • Kata Sinonim Random persamaan kata Secara acak
  • Kata Sinonim Rapel persamaan kata Pembayaran sekaligus
  • Kata Sinonim Rapuh persamaan kata Ringkih
  • Kata Sinonim Ratifikasi persamaan kata Pengesahan
  • Kata Sinonim Referensi persamaan kata Surat keterangan
  • Kata Sinonim Relasi persamaan kata Rekanan
  • Kata Sinonim Rendezvous persamaan kata Pertemuan
  • Kata Sinonim Residu persamaan kata Sisa
  • Kata Sinonim Restriksi persamaan kata Pembatasan
  • Kata Sinonim Ringkih persamaan kata Rapuh
  • Kata Sinonim Risi persamaan kata Khawatir
  • Kata Sinonim Romansa persamaan kata Kisah cinta
  • Kata Sinonim Rona persamaan kata Warna

Kata Sinonim dari huruf S

  • Kata Sinonim Sabar persamaan kata tabah, lapang dada, tenang, toleran
  • Kata Sinonim Sahih persamaan kata Benar
  • Kata Sinonim Sandang persamaan kata Pakaian
  • Kata Sinonim Sanksi persamaan kata Hukuman
  • Kata Sinonim Sapta persamaan kata Bilangan
  • Kata Sinonim Sasana persamaan kata Gelanggang
  • Kata Sinonim Selebaran persamaan kata Risalah
  • Kata Sinonim Semboyan persamaan kata Slogan
  • Kata Sinonim Serebrum persamaan kata Otak besar
  • Kata Sinonim Seremoni persamaan kata Perayaan
  • Kata Sinonim Serikat persamaan kata Perkumpulan
  • Kata Sinonim Sine qua non persamaan kata Harus ada
  • Kata Sinonim Sinkron persamaan kata Sesuai
  • Kata Sinonim Sintesis persamaan kata Buatan
  • Kata Sinonim Somasi persamaan kata Gugatan
  • Kata Sinonim Sombong persamaan kata takabur, tinggi hati, angkuh
  • Kata Sinonim Sosialisasi persamaan kata Pengenalan
  • Kata Sinonim Spesifik persamaan kata Khusus
  • Kata Sinonim Sporadis persamaan kata Jarang
  • Kata Sinonim Stagnasi persamaan kata Kemacetan
  • Kata Sinonim Standar persamaan kata Baku
  • Kata Sinonim Statis persamaan kata Tidak aktif
  • Kata Sinonim Stigma persamaan kata Cacat
  • Kata Sinonim Strata persamaan kata Tingkatan
  • Kata Sinonim Strategi persamaan kata Taktik
  • Kata Sinonim Suka Mengalah persamaan kata Menyerah
  • Kata Sinonim Sumbang persamaan kata Tidak sinkron
  • Kata Sinonim Supervisi persamaan kata Pengawasan
  • Kata Sinonim Sutradara persamaan kata Pengarah adegan
  • Kata Sinonim Swatantra persamaan kata Otonomi
  • Kata Sinonim Syahdan persamaan kata Konon

Kata Sinonim dari huruf T, U, V, W

  • Kata Sinonim Ta’aruf persamaan kata Perkenalan
  • Kata Sinonim Tabiat persamaan kata Watak
  • Kata Sinonim Talenta persamaan kata Bakat
  • Kata Sinonim Tandang persamaan kata Lawatan
  • Kata Sinonim Tanggal persamaan kata Lepas
  • Kata Sinonim Tangkal persamaan kata Cegah
  • Kata Sinonim Tanur persamaan kata Perapian
  • Kata Sinonim Taraf persamaan kata Tingkat
  • Kata Sinonim Target persamaan kata Sasaran
  • Kata Sinonim Telatah persamaan kata Gerak
  • Kata Sinonim Tendensi persamaan kata Kecenderungan
  • Kata Sinonim Tentatif persamaan kata Belum pasti
  • Kata Sinonim Termin persamaan kata Tahap
  • Kata Sinonim Timpang persamaan kata Tak seimbang
  • Kata Sinonim Tiran persamaan kata Diktator
  • Kata Sinonim Trail persamaan kata Kisi
  • Kata Sinonim Transedental persamaan kata Kesinambungan
  • Kata Sinonim Trobadur persamaan kata Penyanyi lagu cinta
  • Kata Sinonim Vandalisme persamaan kata Destruksi
  • Kata Sinonim Ventilasi persamaan kata Jendela
  • Kata Sinonim Verifikasi persamaan kata Pembuktian
  • Kata Sinonim Versus persamaan kata Lawan
  • Kata Sinonim Wahana persamaan kata Sarana
  • Kata Sinonim Warta persamaan kata Berita

Tips Mengerjakan Soal Sinonim

  • Jangan memilih kata yang memiliki bunyi mirip dengan soal, karena kami telah mengamati bahwa jawaban seperti itu adalah 95% salah!
  • Artinya kemungkinan untuk benar hanya sekitar 5%, dan kami menyebut jawaban seperti itu adalah jawaban konyol. Jika anda memilih jawaban seperti itu, maka bisa jadi anda termasuk orang yang agak konyol 😁