Statistika

1. Statistika

1.1 Pengertian Statistika

Statistika  ialah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merencanakan, menganalisis, menginterpretasi, mengumpulkan dan mempresentasikan data sehingga bisa dikatakan bahwa Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data. Tetapi Statistika dan Statistik merupakan dua hal yang berbeda karena Statistik adalah data, sedangkan Statistika adalah ilmu yg berkenaan dengan data yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan atau menyimpulkan data dengan sebagian besar konsep dasarnya mengasumsikan Teori Probabilitas.

2. Kaidah Pencacahan

2.1 Kaidah penjumlahan

Misalkan:

Banyak cara pertama = k1

Banyak cara kedua= k2

Banyak cara ketiga = k3

dan seterusnya

Banyak cara ke-n = kn

Banyak semua cara yang dapat dilakukan adalah:

k1 + k2 + k3 ••• + kn cara

Kata penghubung yang biasa dipakai adalah atau.

2.2 Kaidah perkalian

Misalkan:

Banyak cara pertama = k1

Banyak cara kedua= k2

Banyak cara ketiga = k3

dan seterusnya

Banyak cara ke-n = kn

Banyak semua cara yang dapat dilakukan adalah:

k1 x k2 x k3 ••• x kn cara

Kata penghubung yang biasa dipakai adalah dan.

2.3 Permutasi

Permutasi adalah penyusunan kembali suatu objek-objek tertentu, permutasi r dari n ditulis dengan npr adalah banyak cara mengambil r unsur dari n objek dengan memerhatilcan urutan.

di mana:

n! = 1 . 2 . 3 ... (n- 1) . n

0! = 1

Pada uraian di atas, dianggap bahwa setiap unsurnya berbeda. Jika kita punya n objek yang terdiri dari k1 unsur yang sama, k2 unsur yang sama, ... , km unsur yang sama, maka untuk setiap susunan yang memuat objek ke-i yang sam a akan dihitung sebanyak k;!, sehingga banyak susunannya adalah:

Permutasi siklis, yaitu banyak cara menyusun n objek pada lingkaran.

2.4 Kombinasi

Kombinasi r dari n ditulis dengan nC, adalah banyak cara mengambil r unsur dari n objek tanpa memerhatikan urutan. Yang dimaksud dengan tanpa memerhatikan urut an, susunan ab dianggap sama dengan ba.